Contoh Iklan Obat

  • Hasanudin
  • Nov 04, 2023

Tulisan ini akan membahas berbagai contoh iklan obat, baik iklan di televisi, media online, media cetak, hingga media sosial seperti instagram atau facebook.

Obat merupakan sebuah komoditas yang sangat penting dalam kehidupan, karena dengan adanya obat ada banyak nyawa manusia yang dapat terselamatkan.

Perkembangan obat sendiri sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, jika dibandingkan dengan jaman dahulu, akses obat cukup sulit dikarenakan kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai.

Pada jaman sekarang, obat sudah sangat mudah di akses, bahkan sampai ke warung terdekat rumah kalian untuk mengatasi berbagai macam penyakit ringan, seperti masuk angin, batuk, flu, pilek, sakit gigi dan lainnya.

Khusus untuk sakit gigi beberapa orang mengobatinya dengan cara sikat gigi menggunakan pasta gigi, sepereti pepsodent, closeup, ciptadent dll.

Obat sangat dibutuhkan oleh berbgai kalangan, mengingat banyak yang sakit, dan tentu saja ingin segera sembuh.

Oleh karena itu ada banyak perusahaan yang berkecimpung dalam dunia farmasi satu ini untuk meraup keuntungan.

Saking banyaknya persaingan yang terjadi, iklan merupakan salah satu senjata utama mereka untuk memenangkan persaingan yang ketat.

Oleh karena itu ada banyak contoh iklan obat yang dapat kamu temui, entah itu di televisi, internet, media cetak dan juga radio.

Pada kesempatan kali ini penulis akan menyajikan beberapa contoh iklan obat yang dapat membantu kamu untuk mengerjakan tugas ataupun sekedar mendapatkan informasi baru.

Yuk kita bahas di bawah !

8 Contoh Iklan Obat Berbagai Merk dan Jenis

contoh iklan obat

Ada banyak iklan obat-obatan yang beredar, khususnya di Indonesia. Setiap iklan tersebut tentu saja menonjolkan kelebihan produk mereka masing-masing.

Tetapi harus hati-hati dengan iklan obat yang menyesatkan, karena dapat membuat anda keracunan, bahkan berujung kematian.

Niatnya untuk, sembuh tetapi malah tambah sakit tentunya dapat merugikan kamu sangat besar bukan ? Maka dari itu kamu harus hati-hati dalam membeli sebuah produk obat yang tidak jelas asal-usulnya.

Adapun beberapa contoh iklan obat yang menyesatkan tersebut, diantaranya ialah :

  • Belum lulus uji tes klinis
  • Tidak memiliki logo atau sertifikat resmi BPOM
  • Khusus untuk umat Islam, tidak mempunyai logo atau sertifikat halal dari MUI
  • Menggunakan bahan-bahan berbahaya

Jangan sampai keliru dalam memilih obat ya.

Baik langsung saja berikut beberapa contoh iklan obat yang ada di Indonesia, dimulai dari iklan bahasa inggris sampai iklan obat di radio, diantaranya :

1. Contoh Iklan Obat Dalam Bahasa Inggris

contoh iklan obat

Contoh iklan obat dalam bahasa Inggris tentu saja kurang cocok di pasarkan di Indonesia, oleh karena itu iklan ini merupakan iklan obat yang ditujukan pada masyarakat yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama mereka.

Adapun contoh kalimatnya ialah sebagai berikut :

FAST RELIEF

ATTACKS COUGH

AT THE SOURCE

Read each label, Use as directed.

Keep out of reach of children.

Artinya : Cepat meredakan, menyerang batuk, sampai ke akarnya, baca aturan pakai sesuai arahan, jauhkan dari jangkauan anak kecil.

Dari iklan di atas, kalimat iklan obat yang digunakan cukup sederhana, tetapi padat dan jelas. Pada iklan tersebut menyampaikan informasi obat batuk yang langsung, tanpa ada unsur yang di lebih-lebihkan.

2. Contoh Iklan Obat Batuk

obh kombi

Merek obat batuk satu ini cukup terkenal di telinga masyarakat Indoneisa, karena seringkali di iklankan di televisi-televisi nasional, yaitu OBH combi.

Obat batuk ini memiliki banyak varian, dimulai dari obat batu untuk anak-anak, herbal hingga dewasa.

Oleh karena itu banyak sekali masyarakat Indonesia yang senang menggunakan produk obat batuk satu ini.

Adapun kalimat obat batuk yang digunakan ialah sebagai berikut :

Pasti nggak nyaman kalau batuk datang saat mau hangout bareng pasangan..yang seharusnya senang malah jadi gak tenang.

Biar kencan tetap asyik jangan lupa untuk menjaga badan agar selalu fit ya, Sobat Combi. Batuk pergi semua happy!

Kata-kata atau kalimat yang digunkan cukup menarik, khususnya bagi para usia muda dan remaja karena mengusung tema pasangan yang gagal kencan jika batuk menyerang.

Menarik bukan ?

3. Contoh Iklan Obat Herbal

contoh iklan obat herbal

Siapa yang tidak kenal dengan tolak angin ? Obat herbal satu ini merupakan produk kebanggan Indonesia yang berasal dari Sido Muncul.

Walaupun ada banyak pesaing baru yang datang, tetapi tolak angin tetap menjadi produk herbal untuk mengusir masuk angin nomor satu di Indonesia.

Hal tersebut tidak terlepas dari kesuksesan iklan dan kualitas produk yang tetap terjaga dari dulu.

Adapun kata-kata dan kalimat iklan obat herbal yang digunakan, ialah sebagai berikut ini :

Sobat Pintar, cuaca masih tidak menentu, kamu perlu pintar dalam menjaga daya tahan tubuh.Tolak Angin bisa jadi solusinya.

Kalau sudah terasa gejala masuk angin seperti badan kedinginan, pusing, meriang, kembung, batuk-batuk, mabuk perjalanan, mual, tenggorokan kering, minum Tolak Angin ya.Kamu harus tau!

Tolak Angin telah diuji dan terbukti dapat meningkatkan jumlah Limfosit T yang merupakan indikasi meningkatnya daya tahan tubuh.

Yuk! Beli produk Tolak Angin melalui online via website www.sidomunculstore.com atau Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada dan JD.id.Pilih yang punya bukti ilmiah,

Orang Pintar minum Tolak Angin.

Tolak angin sekarang sudah tidak hanya di iklankan di televisi atau media cetak saja, tetapi sudah merambat ke marketplace ataupun sosial media yang cukup ramai digunakan.

4. Contoh Iklan Obat Sakit Kepala

iklan bodrex

Bodrex masih dipercaya digunakan sebagai salah satu obat sakit kepala terbaik di Indoneisa, karena memang obat batuk ini cukup ampuh dalam melawah sakit kepala yang mengganggu.

Selain itu iklan yang dibuat oleh bodrex juga cukup teliti dan menarik untuk di lihat dan di dengar, sebagai contoh jargon atau slogan andalan mereka ialah “Bodrex pancen oye” yang sampai sekarang masih terngiang di kepala kita.

Adapun contoh iklan terbaru dari bodrex ialah sebagai berikut :

Sakit kepala memang sering kita alamai dan umumnya dapat diredakan dengan mengonsumsi obat sakit kepala.

Namun, bukan berarti dianggap sepele yaaa! Kalau sakit kepala yang kamu alami muncul disertai gejala lainnya, saatnya kamu lebih waspada dan berkonsultasi dengan dokter!

Swipe left untuk cek ‘tanda bahaya’ saat sakit kepala ya!

Iklan yang digunakan tentu saja lebih modern jika dibandingkan dengan iklan lama bodrex yang terlihat cukup jadul ya.

5. Contoh Iklan Obat Pelangsing

iklan obat pelangsing

Slimty merupakan produk baru yang sedang ramai dibincangkan di berbagai tempat, seperti sosial media sebagai obat pelangsing yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Adapun kalimat yang digunakan dalam contoh obat pelangsing ini, ialah sebagai berikut :

Taukah kamu Slimty merupakan minuman fiber yang kaya akan serat dengan campuran buah manggis dan anggur, sangat cocok bagi pelaku diet dan berguna untuk detoksifikasi, menurunkan kadar kolestrol serta menjaga nutrisi dan vitamin secara optimal,

Dengan slimty anda bisa tetap makan enak tanpa takut berat badan naik.

Minuman ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan loh.

Dalam iklanya, slimty menjelaskan bagaimana bahan-bahan yang digunakan pada obat pelangsing tersebut bekerja untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman.

6. Contoh Iklan Obat Promag

promag

Contoh iklan promag satu ini cukup sederhana dan menarik, dimana mereka menggunakan tagar #SebelumPerihJadiParah yang membuat orang cukup tertarik untuk tetap menggunakan promag dalam mengatasi nyeri lambung atau mag.

Adapun kalimat yang digunakan dalam iklan obat promag, ialah sebagai berikut :

Dari pada kambuh disaat moment yang gak tepat, mending #SebelumPerihJadiParah Sobat Perih bisa cegah dengan check di Maag Meter kita. Nah, ini dia gejala GERD yang Sobat Perih harus tau nih! Biar bisa #BebasNgegas tubuh juga harus sehat.

Promag dikenal orang sebagai obat mag terbaik di Indonesia, bahkan ada banyak yang menggunakan produk ini sebagai meme, karena hanya dengan minum promag saja kamu tidak perlu makan karena dapat mengatasi asam lambung dengan baik, haha.

7. Contoh Iklan Obat Nyamuk

baygon semprot

Baygon sudah dipercaya dari dulu sebagai obat nyamuk yang cepat dalam membasmi serangga, seperti nyamuk dan kecoa.

Pada iklan mereka selalu menonjolkan seberapa cepat nyamuk dan kecoa mati tanpa memberikan aroma yang tidak sedap.

Adapun contoh kalimat obat nyamuk baygon yang digunakan, sebagai berikut :

BAYGON DOUBLE NOZZLE! NYAMUK MATI 5 DETIK! KINI DENGAN WANGI BARU CHERRY BLOSSOM! Formula efektif melindungi keluarga dari nyamuk, dengan sensasi wangi Cherry Blossom yang manis. Baygon, selalu jadi Pilihan Ibu Tangguh!

Iklan ini tentu saja akan menarik banyak konsumen, karena selain membunuh serangga, ruangan yang sudah disemprot tidak akan berbau tidak sedap, tetapi walaupun begitu tidak boleh juga kamu masuk ke kamar yang baru di semprot obat nyamuk ya.

8. Contoh Iklan Obat di Radio

contoh iklan obat di radio

Radio memang merupakan salah satu tempat untuk mendengarkan lagu, perbincangan dan hal lainnya.

Tetapi pada radio juga seringkali disematkan iklan-iklan yang memang khusus dibuat pada media iklan satu ini.

Contohnya ialah contoh iklan obat batuk konidin di radio.

Adapun naskah kalimat iklan obat di radio, ialah sebagai berikut ini :

Nama gua din, kalo batuk mau tau gaya nya kayak gimana ?

Batuk Lebay : uhueeekk uhueeekk !!

Batuk Cool : Ehhhmm ….

Batuk Jaim : ehhmm hemm !!

Tapi gue yakin ga mungkin batuk lah boy, gue pilih konidin, ada yang tablet atau bisa pilih konidin OBH.

Produksi Konimex.

Baca aturan pakai, jka sakit berlanjut hubungi dokter.

Cukup menarik bukan ? Karena memang naskah yang digunakan di radio hanya berfokus pada suara, berbeda dengan iklan di televisi yang bisa menonjolkan visualisasi yang menarik.

Oleh karena itu naskah yang digunakan dalam pembuatan iklan obat di radio haruslah menggunakan kata-kata dan kalimat yang menarik banyak orang.

Penutup

Mungkin sekian penjelasan mengenai contoh iklan obat yang dapat kami sampaikan. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang sedang mengerjakan tugas atau hanya menggali informasi mengenai iklan.

Kami telah banyak membahas seputar iklan, salah satu artikel sebelumnya yaitu mengai contoh iklan aqua.

Jangan lupa juga baca artikel lain yang tidak kalah menarik di website ini dan bagikan juga ke teman dan kerabat kamu di sosial media ya.

Sekian dan Terima Kasih !

Slide
𖡡 Alamat
Bizdigi beralamat di Jl BKR No 9b, Tawang, Kota Tasikmalaya. Bisa juga hubungi Kami di [email protected]

PT Cantara Digital Innovation

***